Inilah Cara Pelita Perdamaian ikut Pulihkan Banjir Cibingbin

1
538
Ratusan bibit pohon yang akan ditanam di beberapa tempat di kawasan cibingbin Kuningan untuk penanggulangan bencana banjir. (8/2). (foto;omen)

Fahmina.or.id, Kuningan – Organisasi kepemudaan Pelita Perdamaian Cirebon menunjukkan kepedulian tinggi pada masa depan lingkungan, hal itu dibuktikannya dengan pemberian bantuan ratusan bibit pohon untuk korban bencana bajir bandang di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin, Rabu (8/2).

Kordinator Bidang Sosial Pelita Perdamaian Cirebon Ahmad Hadid menyatakan, bantuan tersebut lahir dari rasa empati terhadap bencana yang dipastikan membutuhkan tanaman yang bisa membantu serapan air.

“Tujuannya untuk menanggulangi panca bencana, karena sebab utama bencana tersebut minimnya resapan air dari pepohonan di sekitar wilayah banjir,” ungkapnya.

Dikatakan, ratusan bibit pohon itu diserahkan kepada kepala Desa Ciangir yang kemudian dalam waktu dekat ditanam disekitar lokasi banjir. Menurutnya, hasil penelitian dan tinjauan di lapangan, selain gundulnya lahan perhutani menjadi yang fakor utama banjir, apalagi kawasan Cibingbin terutama Desa Ciangir tidak punya hutan.

“Menururt pemdes disana hutannya habis ditanami padi dan kopi oleh tetangga desa yang lintas propinsi,” tuturnya.

Hadid menambahkan, di lahan perhutani juga diisi tanaman perkebunan termasuk pada lahan yang merupakan wilayah Cibingbin. “Warga disana pernah mengadakan diskusi perbatasan, tapi berbenturan dengan Dinas Perhutanan yang menganggap itu adalah program pemerintah terkait ketahanan pangan,” bebernya.

Disamping itu, menurut Hadid, bukit-bukit di sekliling lokasi banjir juga mulai ditebangi beralih fungsi menjadi tempat pariwisata. Berkenaan dengan itu ada beberapa hal yang menjadi prioritas utama untuk pemulihan dan penanggulangan bencana tersebut.

“Diantaranya ya dengan penanaman hutan kembali, selain memberikan bantuan bahan bangunan untuk penduduk yang rumahnya terkena dampak banjir serta bantuan bibit unggul padi.“katanya

“Kegiatan dan bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk masa sekarang, tapi juga dimasa yang akan dating,” imbuhnya.

Lanjut Hadid, agenda sosial tersebut adalah hasil kerjasama dengan beberapa pihak yang peduli akan tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Cibingbin. “Kerjasama kami bangun dengan pihak GKI Rahmani Cirebon dan pihak yang lainnya,” pungkasnya. (zain.ab)