Selasa, 22 Oktober 2024

Selamat Hari Ibu, Selamat Hari Gerakan Politik Perempuan

Baca Juga

Yayasan Fahmina mengucapkan “Selamat Hari Ibu, Selamat Hari Gerakan Politik Perempuan”. Kami memahami bahwa makna dan sejarah Hari Ibu bukan sekadar hari ucapan kasih sayang, karena maknanya lebih dari itu. Selain itu bagi kami semua hari itu spesial termasuk untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada seorang ibu.

Tanggal 22 Desember 1928 merupakan Kongres perempuan pertama Indonesia. Maka kami juga sekaligus mengucapkan selamat hari gerakan politik perempuan. Seperti dilansir Wartafeminis, hari ibu tercipta pada 22 Desember 1938 setahun setelah kongres perempuan di indonesia digelar.

Hari ibu ini diperingati sebagai hari ibu bangsa agar para ibi dapat mendidik putra dan putrinya memiliki nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme.

Kongres Perempuan Indonesia pertama 1928 merupakan momentum kesadaran kolektif perempuan Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak perempuan bersama-sama. Meningkatkan kesadaran mengenai berbagai permasalahan seperti poligami, perdagangan orang, kekerasan, dan buruh perempuan.

Perempuan pelopor yang menjadi panitia pelaksana Kongres Perempuan Indonesia saat itu diantaranya Soejatin, Nyi Hajar Dewantoro dan Sitti Sundari. Merekalah yang menjadi inisiator dan penggerak Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 yang juga ikut dalam deklarasi Sumpah Pemuda 1928.

gambar: appipatongai.wordpress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Buku Perempuan Penggerak Perdamaian; Cerita Perempuan Lintas Iman Menjaga Perdamaian di Ciayumajakuning

  Judul : Perempuan Penggerak Perdamaian; Cerita Perempuan Lintas Iman Menjaga Perdamaian di Ciayumajakuning Penulis : Fachrul Misbahudin, Fitri Nurajizah, Fuji Ainnayah, Gun Gun Gunawan,...

Populer

Artikel Lainnya