Selasa, 22 Oktober 2024

Agama Sumber Kekuatan Pencerahan, Pergerakan, dan Pemberdayaan Masyarakat

Baca Juga

Fahmina percaya bahwa agama tidak harus menjadi kekuatan politik yang dimanfaatkan oleh mereka yang berkuasa untuk merusak keragaman dan menindas orang. Sebaliknya, agama harus menjadi sumber kekuatan untuk mencerahkan, bergerak, dan memberdayakan masyarakat. Agama harus memberikan solusi nyata bagi masalah dan kesulitan manusia. Semua gerakan sosial-keagamaan harus ditujukan untuk mencapai keadilan, demokrasi, dan penghormatan terhadap martabat manusia.

Berikut adalah pidato sambutan KH Husein Muhammad, salah satu pendiri Yayasan Fahmina, saat mewakili Fahmina menerima penghargaan Opus Prize 2013 oleh Opus Prize

Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Assalamu’alaikum dan berkah kemakmuran bagi kita semua.

Ladies and gentlemen,

Ini adalah kehormatan besar bagi saya, atas nama Fahmina Institute, berdiri di tempat ini seperti orang yang sangat terhormat. Hari ini adalah momen bersejarah bagi kami dan saya memberikan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan bangga bahwa kita menerima Opus Prize, karena merupakan perhatian dan apresiasi masyarakat dunia terhadap upaya masyarakat lokal untuk mengembangkan diri dan memimpin jalan menuju masyarakat yang lebih baik dan lebih adil yang menjunjung tinggi nilai-nilai universal bagi seluruh umat manusia. Kami ingin mengungkapkan terima kasih dengan tulus atas kehormatan ini.

Ladies and gentlemen,

Fahmina Institute, sebuah organisasi non-profit di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, didirikan pada tahun 2000, dua tahun setelah dimulainya reformasi politik Indonesia. Cirebon adalah beragam, multietnis, multikultur, multiagama masyarakat, rumah bagi orang-orang yang beragam sarana sosial ekonomi. Dorongan untuk membentuk Fahmina adalah kesadaran kita bahwa, di Indonesia baru ini, kita perlu menginspirasi dan memimpin komunitas kami dalam proses mendefinisikan diri sebagai orang yang hidup dalam kebebasan dan martabat di negara – negara yang pluralistik dalam hal sosial ekonomi status, gender dan keyakinan.

Ketika demokrasi dipulihkan setelah tiga dekade, Fahmina percaya bahwa perubahan harus datang dari dalam masyarakat, membangun kekuatan dan tradisi sendiri. Kami yakin bahwa tujuan transformasi sosial tidak akan pernah tercapai jika yayasan yang terpisah dari akar sejarah masyarakat dan tradisi.

Pendekatan Fahmina telah mengembangkan wacana sosial dan keagamaan melalui pembacaan kritis dan kontekstual warisan intelektual Islam. Fahmina mengakui bahwa, di Indonesia, kita hidup dalam pengaturan sosial-budaya di mana agama merupakan pondasi untuk berpikir, berekspresi, tindakan dan kesopanan. Cirebon, di mana pekerjaan kami didasarkan, dikelilingi oleh ratusan pusat pendidikan Islam tradisional yang dikenal sebagai pesantren. Para pendiri Fahmina juga lahir dan dibesarkan dari rahim tradisi ini keagamaan intelektual.

Memang, itu dari pesantren yang kita telah datang untuk memahami dan menerima doktrin agama bahwa agama diturunkan untuk manusia untuk tujuan mewujudkan nilai-nilai universal kemanusiaan. Al-Qur’an menyatakan bahwa peran agama adalah untuk membebaskan manusia dari kegelapan dan untuk memimpin mereka ke dalam terang. “Li Tukhrij al – Nas min al- Zhukumat ila al – Nur”. Dunia kegelapan adalah dunia tirani dan penindasan, dunia cahaya merupakan salah satu pengetahuan dan keadilan. Nabi Muhammad berulang kali menekankan bahwa karya manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang mengurangi penderitaan manusia, menghilangkan rasa lapar, dan menyebar kedamaian.

Fahmina percaya bahwa agama tidak harus menjadi kekuatan politik dimanfaatkan oleh mereka yang berkuasa untuk merusak keragaman dan menindas orang. Sebaliknya, agama harus menjadi sumber kekuatan untuk mencerahkan, bergerak, dan memberdayakan masyarakat. Agama harus memberikan solusi nyata bagi masalah dan kesulitan manusia. Semua gerakan sosial-keagamaan harus ditujukan untuk mencapai keadilan, demokrasi, dan penghormatan terhadap martabat manusia. Islam menekankan nilai-nilai normatif dan kewajiban universal. Islam dengan tegas menolak penindasan, arogansi, diskriminasi dan individualism-chauvinistic. Singkatnya, agama mengharuskan murid untuk berjuang keras (jihad) untuk mencapai dua tujuan simultan : untuk menciptakan masyarakat yang benar-benar bermoral dan untuk menghapuskan segala bentuk praktek tidak manusiawi.

Dalam konteks ini, demokrasi harus menjadi sarana bagi warga negara untuk merumuskan ide dan kepentingan umum dalam kehidupan mereka bersama. Demokrasi membutuhkan ruang dan kebebasan bagi semua orang untuk mengungkapkan pikiran dan keinginan mereka dalam suasana kesetaraan dan saling menghormati. Dengan kata lain, kepentingan beragam di masyarakat harus dibahas dan diselesaikan dalam ruang dialog terbuka, dengan sopan dan kebijaksanaan, dan tanpa paksaan, apalagi kekerasan.

Ladies and gentlemen,

Ini adalah ide utama yang telah membimbing Fahmina Institute di perjalanan kami sampai saat ini. Dengan pesantren dan masyarakat, kami bekerja untuk mencari solusi untuk masalah-masalah sosial kita bersama. Fahmina mendampingi dan mendukung kepentingan dan kebutuhan masyarakat terpinggirkan dalam sistem sosial, budaya, politik dan ekonomi. Fahmina berusaha untuk memungkinkan masyarakat untuk membangun potensi mereka sendiri, dan dengan demikian mencari solusi jangka panjang untuk masalah yang mereka hadapi.

Selama 13 tahun sekarang, kami telah mengabdikan diri untuk pekerjaan ini. Kami menyadari bahwa pekerjaan kami menghadapi banyak tantangan dan membutuhkan ketekunan serta dukungan dari banyak partai. Dalam konteks ini, Opus Prize benar-benar berkat yang akan menguatkan kita lebih lanjut. Kami percaya bahwa hidup yang paling berarti ketika kita bekerja sama untuk menemukan cara untuk mengurangi penderitaan manusia dan untuk berbagi kebahagiaan. Tentunya kita semua percaya bahwa Allah tidak akan mengabaikan pekerjaan kita bersama untuk kebaikan umat manusia . Akhirnya, seperti yang diungkapkan Plato:

إن تعبت في البر , فإن البر يبقى والتعب يزول , وإن التذذت بالآثام , فإن اللذة تزول والآثام تبقى .

“Jika Anda merasa lelah dari perbuatanmu yang baik, maka manfaat kekal dan kelelahan akan hilang. Jika anda merasakan kenikmatan dari perbuatan dosa anda, maka kenikmatan akan memudar dan dosa akan abadi.”

Dengan penghargaan ini kami berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan kami dalam mengembangkan karya sosial dan wacana keagamaan di Indonesia, terima kasih lagi untuk penghargaan ini.

Semoga Allah memberkati kita semua. Amiiin

Terima kasih.

Husein Muhammad

 

 —–

Teks pidato versi bahasa Inggris.

In the name of God, the Merciful and Compassionate

Assalamu’alaikum and blessings of prosperity to us all.

Ladies and gentlemen,

It is a great honor for me, on behalf of the Fahmina Institute, to stand in this distinguished venue amongst such highly respectful people. Today is a historic moment for us and, in light of this, I give praise to the Almighty God.

It is with great pride that we accept the Opus Prize, as it represents the attention and appreciation of the world community to efforts of local communities to develop themselves and lead the way toward a better and more just society that upholds universal values for all humanity. We wish to express our heartfelt thank you for this honor.

Ladies and gentlemen,

Fahmina Institute, a non-profit organization in Cirebon, West Java, Indonesia, was founded in 2000, two years after the start of Indonesia’s political reforms. Cirebon is a diverse, multiethnic, multicultural, multireligious community, home to people of diverse socioeconomic means. The impetus to establish Fahmina was our awareness that, in this new Indonesia, we needed to inspire and lead our community in a process of self-redefining as a people who live in freedom and dignity in a pluralistic nation-state in terms of socio economic status, gender and belief.

When democracy was restored after three decades, Fahmina believed that change must come from within the community, building on its own strengths and traditions. We were convinced that the goal of social transformation would never be achieved if its foundations were divorced from the society’s historical roots and traditions.

Fahmina’s approach has been to develop social and religious discourse through a critical and contextual reading of Islam’s intellectual heritage. Fahmina recognizes that, in Indonesia, we live in a socio-cultural setting in which religion serves as a long-standing foundation for thought, expression, action and civility. Cirebon, where our work is based, is surrounded by hundreds of traditional centers of Islamic education known as pesantren. The founders of Fahmina were also born and raised from the wombs of this intellectual religious tradition.

Indeed, it was from the pesantren that we have come to understand and to receive the religious doctrine that religion was revealed to humankind for the purpose of realizing the universal values of humanity. The Holy Qur’an states that the role of religion is to free human beings from darkness and to lead them into light.“Li Tukhrij al-Nas min al-Zhukumat ila al-Nur”. The world of darkness is the world of tyranny and oppression; the world of light is one of knowledge and justice. The prophet Muhammad repeatedly stressed that the work of humankind most loved by God is that which relieves human suffering, eliminates hunger, shares heartfelt joy, and spreads peace.

Honorable guests,

Fahmina believes that religion must never become a political force utilized by those in power to undermine diversity and oppress people. Rather, religion must be a source of strength to enlighten, move, and empower society.Religion must provide real solutions for the problems and difficulties of humankind. All socio-religious movements must be aimed at achieving justice, democracy, and respect for human dignity. Islam emphasizes these values as our normative and universal obligation. Islam firmly rejects oppression, arrogance, discrimination and chauvinistic individualism. In short, religion requires its disciples to struggle hard (jihad) in order to attain two simultaneous goals: to create a genuinely moral community and to eliminate all forms of dehumanizing practices.

In this context, democracy has to be a means for citizens to formulate common ideas and interests in their life together. Democracy requires space and freedom for all persons to express their thoughts and desires in an atmosphere of equality and mutual respect. In other words, the diverse interests in society must be discussed and resolved in a space of open dialogue, with courtesy and wisdom, and without coercion, let alone violence.

Ladies and gentlemen,

These are the main ideas that have guided the Fahmina Institute in our journey to date. With pesantrens and communities, we work to find solutions for our common social problems. Fahmina assists and advocates for the interests and needs of marginalized communities in the social, cultural, political and economic system. Fahmina strives to enable communities to build their own potentials, and thereby find durable solutions for the problems they face.

For 13 years now, we have devoted ourselves to this work. We recognize that our work faces many challenges and requires perseverance as well as the support of many parties.In this context, the Opus Prize is truly a blessing that will strengthen us further. We believe that life is most meaningful when we work together to find ways to reduce human suffering and to share happiness. Surely we all share this trust that God will not ignore our common work for the good of humankind. Finally, as Plato said:

إن تعِبْتَ في البِرِّ، فَإِنَّ الْبِرَّ يَبْقَى وَالتَّعَبَ يَزُوْلُ، وَإِنِ الْتَذَذْتَ بِالآثامِ، فَإنَّ الَّلذَةَ تَزُوْلُ وَالْآثَامَ تَبْقَى.

“If you feel tired from your good works, the benefits will be eternal and the fatigue will disappear; if you feel enjoyment from your sinful deeds, the enjoyment will fade and the sins will be eternal.”

With this award we are committed to continuing our work in developing social works and religious discourse in Indonesia, thank you again for this award.

 

May God bless us all.Amen.

Thank you.

Husein Muhammad

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Buku Perempuan Penggerak Perdamaian; Cerita Perempuan Lintas Iman Menjaga Perdamaian di Ciayumajakuning

  Judul : Perempuan Penggerak Perdamaian; Cerita Perempuan Lintas Iman Menjaga Perdamaian di Ciayumajakuning Penulis : Fachrul Misbahudin, Fitri Nurajizah, Fuji Ainnayah, Gun Gun Gunawan,...

Populer

Artikel Lainnya