Senin, 23 Desember 2024

JIWA DAN KARAKTER PESANTREN

Buya Husein Muhammad

Baca Juga

Aku masih mengingat penuh, dii hadapan para Kiyai pondok pesantren yang hadir dalam seminar Kepesantrenan, 26 Juni, 2014 di hotel Soll Marina, Serpong, aku diminta bicara tentang :

“Apa yang dimiliki dan harus dijaga atau dirawat oleh Pesantren?”.

Ini adalah pertanyaan yang menarik sekaligus menukik. Ia seperti menyimpan kegelisahan panjang yang ingin dijawab segera, tentang peran dan sumbangan pesantren kini dan mendatang bagi negeri ini. Aku mencoba menawarkan gagasan saja. Boleh jadi tak juga memuaskan.

Pada awal adanya, pesantren dimaksudkan sebagai institusi sosial dengan visi-misi profetik (cita-cita kenabian). Cita-cita ini tidak lain adalah cita-cita kemanusiaan. Ia adalah “memutus mata rantai penindasan manusia atas manusia, membebaskan manusia dari struktur sosial yang tiranik yang membodohi dan memarginalkan mereka, mengajarkan pengetahuan dan menegakkan keadilan”. Visi ini diungkapkan secara eksplisit oleh al-Qur’an :

الَر كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِ رَبِّهِمْ إِلَى صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.

Ketika saya belajar di Pesantren, Kiyai mengatakan : “Belajar dan mengaji itu untuk menghilangkan kebodohan”. Kalimat ini tampak amat sederhana memang, tetapi ia amat mendasar, prinsipal. Kebodohan adalah kegelapan. Permusuhan lebih sering akibat dari kebodohan atau ketidakmengertian. Jadi kebodohan berpotensi melahirkan kezaliman.

Itu dari satu sisi. Pada sisi yang lain misi profetik itu adalah mewujudkan sistem kehidupan yang diliputi oleh kesalingan merahmati (menyayangi), saling mencintai dan menegakkan moralitas luhur atau akhlaq karimah. Allah mengatakan :
وما ارسلناك الا رحمة للعالمين

“Aku tidak mengutusmu (Hai, Muhammad), kecuali sebagai pembawa misi kasih sayang bagi semua manusia dan alam”.

Nabi mengatakan :
بعثت لاتمم مكارم الاخلاق

“Aku diutus untuk menyempurnakan Budi pekerti luhur”.

Dari sumber keagamaan paling otoritatif di atas itulah, lalu para pendiri pesantren menanamkan sejumlah nilai kehidupan profetik bagi komunitanya. Ia antara lain adalah:

keikhlasan,
kemandirian,
kebersamaan,
Qana’ah (menerima apa adanya atas pemberian Tuhan dan
Al-Zuhd (kebersahajaan hidup).

Salah seorang pendiri pondok pesantren “modern” Gontor; K.H. Imam Zarkasyi menyebut “Panca Jiwa” :

Keikhlasan,
Kesederhanaan,
persaudaraan,
kemandirian dan
kebebasan.

Keikhlasan adalah yang pertama dan utama. Keikhlasan dimaknai ketulusan mengabdi tanpa berharap imbalan apa-apa. Bekerja baik dengan ikhlas adalah bekerja karena pekerjaan itu semata-mata baik. Di dunia pesantren kata berkerja Ikhlas sering diterjemahkan bekerja “Lillah Ta’ala”, bekerja karena Allah semata-mata, bukan karena manusia atau hal-hal lain. Dan kerja ikhlas inilah yang diterima oleh Allah.

Pada masa lalu para kiyai sangat menganjurkan santrinya untuk tidak menjadi pegawai negeri. Jika kamu bekerja untuk Allah, jangan takut tidak makan. Allah pasti menjamin hidupmu.

Kemandirian adalah ketaktergantungan pada orang lain, kepada manusia. Ketergantungan manusia hanya kepada Allah saja, karena semua yang ada di alam semesta adalah milik-Nya. Pikiran ketergantungan kepada kekuasaan (pemerintah) atau kepada ‘orang kaya” hanya akan merendahkan dirinya dan pada saatnya boleh jadi harus menerima kooptasi mereka. Karena ajaran inilah pesantren (pada masa lalu) tidak berharap meminta bantuan pemerintah.

Para kiyai selalu menasehati para santrinya :
“Jangan berharap kepada manusia karena mereka akan mengecewakanmu. Tetapi berharaplah hanya kepada Allah karena Dia akan memberikan yang terbaik untukmu. Dialah pemilik segala yang ada di jagat raya ini. Manusia tidak punya apa-apa”.

“dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (Q.S.94: 8).

Para pendiri Pesantren memosisikan dirinya sebagai partner pemerintah yang kritis tetapi konstruktif. Pesantren akan mendukung kekuasaan yang adil dan memihak kepada mereka yang termarjinalkan, tersisih dan tak beruntung. Para ulama pesantren selalu berada di samping rakyat yang tertindas, yang kelaparan dan yang lugu. Pesantren hanya menggantungkan diri kepada Tuhan.

Maka Pesantren sengaja didirikan di tempat yang jauh dari pusat keramaian kota. Ia ada di desa-desa, agar bisa hidup bersama orang-orang yang sering tak dinyatakan ‘ada’, yang kesepian, yang teralienasi dari pusaran hiruk-pikuk ambisi dan berlomba meraih kenikmatan-kenikmatan sesaat. Para kiyai pendiri hadir untuk mendampingi mereka sekaligus mengajak untuk merubah nasib menjadi baik. Rakyat diajak untuk mengerti diri, orang lain dan lingkungan hidupnya. Nilai-nilai di atas adalah karakter Pesantren yang harus selalu ada dan menyertai hidup dan kehidupan pesantren dan komunitasnya. Jika nilai-nilai ini hilang dari institusi keagamaan ini, maka ia telah kehilangan jati dirinya, kehilangan jiwanya dan karakternya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Majjhima Patipada: Moderasi Beragama dalam Ajaran Budha

Oleh: Winarno  Indonesia merupakan Negara dengan berlatar suku, budaya, agama dan keyakinan yang beragam. Perbedaan tak bisa dielakan oleh kita,...

Populer

Artikel Lainnya