KH. Hasan – KH. Ali Pimpin NU

0
816

Unggul Jauh dari Kandidat Lainnya

Depok- Seluruh rangkaian kegiatan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cirebon, Minggu (2/6) dini hari selesai. Seperti diprediksi banyak kalangan bahwa akhirnya ulama asal Bunten Pesantren, KH. Hasan Kriyani secara mutlak mengalahkan kandidat rois syuriah lainnya. Sedangkan di posisi ketua tanfidziyah, ulama asal Susukan KH. Ali Murtadlo, berhasil mengalahkan kandidat lainnya.

Pemilihan rois syuriah berlangsung lebih dulu, dalam pemilihan tahap pertama suara yang diperoleh KH. Hasan Kriyani mencapai 148 suara dari 399 pemilih, mengungguli 20 kandidat lainnya. Untuk posisi kedua ditempati KH. Bahruddin Yusuf asal Pontren Balerante dengan 69 suara, disusul KH. Usman Mansyur dari Pontren Kalimukti sebanyak 58 suara, dan di posisi empat adalah KH. Hasanuddin Imam dengan 28 suara. Sisanya untuk kandidat lainnya.

Berdasarkan tata tertib pemilihan yang telah disepakati peserta konfercab, kandidat yang berhak maju ke babak kedua adalah yang mendapatkan minimal 100 suara. Karena hanya KH. Hasan Kriyani yang memenhi prasyarat tersebut, maka diserahkan kepada peserta konfercab dan akhirnya diputuskan secara aklamasi. Persaingan ketat terjadi pada pemilihan ketua tanfidziyah. KH. Ali Murtadho yang mendapatkan suara 149 suara dan KH. Wawan Arwani dengan 110 suara dalam pemilihan tahap pertama, berhak maju ke tahap berikutnya.

keduanya unggul atas kandidat lainnya, yakni KH. Nkhbatl Manhub dengan 49 suara dan sejumlah nama lainnya seperti pengusaha rotan H. Sholihin, H. Abdullah Masyrur, Drs. Mahmud Masyrur, dan nama lainnya dengan perolehan di bawah 20 suara. Adapun total suara tahap pertama sebanyak 399. Pada babak kedua, suasana arena Konfercab cukup memanas, sejumlah pihak menduga suara KH. Mukhbatul Manhub dan suara lainnya akan dialihkan ke KH. Wawan Arwani.

Pasalnya, jika seluruh suara selaian KH. Ali Murtadho digabungkan, maka jumlahnya mencapai 205, unggul 11 suara. Waktu pemilihan pun sempat molor beberapa menit. Pasalnya rois syuriah terpilih, KH. Hasan Kriyani sesuai AD/ART yang ada memiliki hak untuk memberikan pertimbangan. Namun dengan alasan menjunjung tinggi demokrasi, KH. Hasan Kriyani memutuskan untuk melanjutkan pemilihan tahap kedua. Dan hasilnya, KH. Ali Mrtadho tetap unggul dengan 232 suara, sedangkan KH. Wawan Arwani 157 suara.

Begitu KH. Ali Murtdho dinyatakan menang, peserta Konfercab langsung menyambutnya dengan gema Shalawat Nabi yang diiringi tepuk tangan. KH. Wawan Arwani pun langsung mendahului memeluk dan menjabat tangan KH. Ali Murtadho, menyusul para ulama yang hadir dan peserta Konfercab lainnya. (lil) *) Sumber Radar Cirebon