PELATIHAN TAHAP KETIGA KADER PENGGERAK WARGA (KPW) UNTUK RADIO KOMUNITAS

0
731

Dasar Pemikiran

Perkembangan radio komunitas di Desa Arjawinangun Kab. Cirebon, Desa Ciborelang Kab. Majalengka, Desa Babakanmulya Kab. Kuningan, Kelurahan Kebonbaru kota Cirebon, Desa Mertapada Kab Cirebon, dan desa Margamulya Kab. Indramayu menunjukkan perkembangan berarti. Selama kurang dari satu tahun beberapa radio seperti AJ, Caraka, dan Baina mampu memposisikan diri sebagai bagian dari warga setempat. Sementara di rakom lain, seperti Bonbar, Banyu, dan Serra masih memperkuat kekuatan internal radio untuk beranjak menjaid radio yang betul-betul warga.

 

Walaupun porsi hiburan masih dominan disebagin besar radio, tapi secara fungsi sosial rakom telah menjadi alternatif wadah sosialiasi antar warga. Fungsi ini dirasa penting, mengingat semakin terbatasnya forum-forum pertemuan warga. Bebarapa rapat warga mulai ditingkat kelurahan, RW, sampai RT seringkali hanya memberi ruang sedikit. Kadangkala pertemuan itu sangat formalistik dan mencakup pembahasan yang terbatas. Bahkan, lebih sering bersifat insidental semisal ketika menghadapi moment-moment Peringatan Tujuh belasan, PHBI, dan acara rutinitas tahunan lainnya.

Forum-forum warga yang kaku tersebut tidak memberikan ruang kebebasan penuh untuk berekpresi bagi setiap orang. Padahal dalam pola relasi sosial diperlukan pertemuan-pertemuan intensif yang lebih bersifat cair. Dalam kebutuhan itu, Rakom bisa menjadi pilihan sebagai forum sosial warga yang lebih terbuka dan santai. Pola relasi antar komunitas radio akan terbangun secara alami, karena berawal dari kesenangan/hoby. Untuk mengelola rakom siapapun bisa berperan sesuai kapasitasnya, jika pandai bersiaran maka bisa jadi penyiar, kalaupun tidak maka bisa ikut mendorong radio dari sisi kelembagaan dan keuangan. Ikatan personal didalam kru radio cenderung lebih kuat terjalin sebab memiliki visi dan harapan bersama.

Selain berefek positif dari sisi relasi sosial, rakom juag bermanfaat sebegai media penyebaran informasi kepada warga. Jangkauannya lebih luas, dan bisa didesain dalam bentuk hiburan yang menarik.

Dalam pengembangan rakom ini, tentu selain diperlukan dukungan penuh dari warga juga diperlu dipersiapkan para kader yang berasal dari warga sendiri yang konsent di pengembangan rakom tersebut. Kader yang diistilahkan KPW (Kader Penggerak Warga) ini diharapkan mampu mensupport keberadaan radio secara lebih aktif. Sehingga rakom betul-betul bisa berjalan dengan mekanisme operasional yang lebih tertib dan rapi. Untuk itu maka KPW harus memiliki ikatan kuat terhadap rakom, selain dia memiliki wawasan pemberdayaan masyarakat. Arahnya agar KPW bisa mendorong warga untuk menghidupkan rakom bagi peningkatan pemberdayaan mereka sendiri. Target KPW adalah radio memberdayakan warga, dan sebaliknya warga memberdayakan radio. 

Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama Pelatihan Tahap Ketiga Kader Penggerak Warga (KPW) Untuk Radio Komunitas 

 

Tema Kegiatan

 

Kegiatan ini bertema: ”Merajut jaringan untuk kemanusiaan ”

Out Put

Out put yang akan dihasilkan pelatihan ini adalah KPW (Kader Penggerak Warga) yang memiliki profile dan kompetensi berikut ini:
1.    Memiliki pengetahuan dasar dan wawasan dasar keagamaan dan kemasyarakatan yang kritis dan humanis
2.    Memahami Jurnalisme kemanusiaan
3.    Memiliki komitmen terhadap kerja-kerja program
4.    Memiliki ikatan emosional antar satu dan yang lain
5.    Bergerak di masyarakat untuk pencapaian program

Waktu

Pelatihan ini dilaksanakan 5 (lima) hari, yaitu :
Hari Rabu –  Minggu (26 – 30 Desember 2007).

Jadwal

(Adapun jadwal pelatihan terlampir)

Tempat

Pelatihan ini bertempat di:
Hotel Bumi Asih Jl. Wahidin Kota Cirebon

Peserta Pelatihan

Pelatihan ini akan diikuti 30 orang Kader Penggerak Warga (KPW).

Pelaksana 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh koordinator KPW beserta Staff, yang bertanggungjawab pada manager program Islam dan penguatan komunitas.

Kontak Person

Adapun kontak person yang bisa dihubungi : 
1.    Obeng Nur Rosyid (0231-3367345)
2.    Ali Mursyid (081324226734)
3.    Ade Duryawan (081320426771)
4.    Erlinus Yunus Thahar (085224080033)
5.    Vera Sofariyanti (085224559475)

Penutup

Demikian TOR ini disusun untuk menjadi acuan kegiatan pelatihan tahap Pertama Kader Penggerak Warga (KPW) Untuk Radio Komunitas.