Pertemuan Perdana Dawrah Kader Ulama Perempuan (DKUP) Muda Secara Virtual

0
251

Oleh: Ibrahim Nur A*

Fahmina Institute sebagai bagian dari gerakan keulamaan perempuan, yang mengakui keulamaan perempuan, menerima dan meyakini konsep keadilan hakiki bagi perempuan dan memakai perspektif kesalingan dalam relasi gender, merasa penting untuk mendukung kerja-kerja KUPI. Salah satu yang akan Fahmina lakukan adalah menyelenggarakan Dawrah Kader Ulama Perempuan (DKUP) Muda Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Setelah melakukan proses perekrutan peserta, Hari ini panitia penyelenggara DKUP Muda Jawa Barat dan Jawa Tengah, melakukan pertemuan perdana, dengan para peserta melalui Via Zoom Meeting.

Dalam pertemuan itu, para fasilitator memperkenalkan lebih jauh tentang program DKUP Muda ini, walaupun keadaan pandemi Covid-19 belum selesai tapi tidak menyurutkan semangat oleh para penyelanggara dalam melaksanakan kegiatan DKUP ini.

Pertemuan perdana ini merupakan langkah awal dari DKUP Muda dalam melakukan kerja-kerja selanjutnya. Sebanyak 40 peserta bergabung dalam program DKUP Muda yang dibagi menjadi 2 zona wilayah yakni : Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Rancangan agenda ini dilaksanakan secara online dan offline. mulai dari tanggal Kegiatan online Muda Jawa Barat dan Jawa Tengah akan dilaksanakan pada: Hari, Tanggal : Selasa-jum’at, 15–19 Maret 2021 Lokasi : zoom meeting.

Kegiatan offline DKUP Muda Jawa Barat akan dilaksanakan pada: Hari, Tanggal : Rabu-kamis, 24–25 Maret 2021 Lokasi : Hotel Bentani (dalam konfirmasi,) dan untuk Kegiatan offline DKUP Muda Jawa Tengah akan dilaksanakan pada: Hari, Tanggal : Sabtu-Minggu, 03–04 April 2021 Lokasi belum ditentukan.

KH. Marzuki Wahid selaku fasilirator dalam pemaparannya menjelaskan poin penting dalam program DKUP Muda ini, mulai dari komitmen peserta dalam keikutsertaan program tesebut hingga output dari program. Tidak hanya itu para penyelanggara juga melakukan penawaran antara peserta dan penyelanggara, mulai dari aturan di zoom dan lain sebagainya. Para peserta juga ikut senang hadirnya program ini dengan sangat antusias.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merekrut kader ulama perempuan dalam menyebarluaskan pemahaman keislaman yang berwawasan kebangsaan dan kemanusiaan, yang menjiwai Islam Nusantara yang wasathiyah dan berkemajuan.

Sehingga Kegiatan ini diharapkan menghasilkan keluaran, yaitu 40 partisipan yang Memahami perspektif keadilan relasi perempuan dan laki-laki yang memiliki komitmen untuk menyebarkan dan menerapkan pengetahuan dan informasi yang didapat dalam DKUP Muda Jawa Barat dan Jawa Tengah, Bersedia melakukan jejaring dengan gerakan keulamaan perempuan. []

*Kader Ulama Perempuan Muda