Workshop Kurikulum Training Polmas, Didukung Polda Jabar

0
584

“Jika penyusunan kurikulumnya seperti ini, saya akan mendorong  menjadi panduan pelatihan sejenis yang akan dilaksanakan Polda untuk program Polmas tahun depan,” kata AKBP Sri Sudayani dari Binamitra Polda Jabar dalam acara Workshop Penyusunan Kurikulum Training COP oleh Fahmina Institute, 26-27 Juni 2008 lalu di Hotel Tryas Kota Cirebon.

Selama dua hari, para peserta workhsop, 15 orang  dari Binamitra Polda Jabar, Binamitra Se-Wilayah 3 Cirebon Pusham UNAIR Surabaya, Pusham UII Yogyakarta, Percik Salatiga, dan Fahmina Cirebon berdiskusi membahas penyusunan kurikulum training Polmas (COP) yang akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus 2008. Dengan workshop ini diharapkan  tersusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan penguatan Polmas, khususnya di wilayah III Cirebon.

Sebelumnya Fahmina telah melakukan penelitian melalui metode FGD, dalam penelitian tersebut salah satu kesimpulannya adalah bahwa keberadaan FKPM yang digagas oleh Polisi selama ini ternyata belum efektif, baik ditingkat pemahaman masyarakat maupun tingkat implementasinya.

Belajar dari pengalaman Bambang Budiono dari Pusham UNAIR, bahwa FKPM salah satu media bertemunya Polisi Masyarakat, sering diartikan sebagai lembaga baru, padahal beberapa pranata sosial yang ada di masyarakat bisa disebut FKPM jika bertemunya unsur polisi dan masyarakat untuk membicarakan masalah sosial. Maka perlu disusun kurikulum tentang ke-FKPM-an.

Lain lagi Eko Prasetyo dari Pusham UII, dia berharap ada fokus yang jelas kemana kurikulum ini diarahkan, karena diharapkan kader pelatihan ini mampu untuk menyelesaikan masalah, harus dibekali kemampuan bernegoisasi dan teknik penyelesaian masalah.

Di akhir acara tersusunlah kurikulum yang disepakati, yang merupakan perpaduan antara hasil penelitian, pengalaman, analisa akademis dan implementasi sebelumnya. Selanjutnya oleh Fahmina institute akan dikembangkan menjadi naskah modul training.

“Saya menunggu hasil berikutnya. Untuk kegiatan selanjutnya Polda Jabar siap mendukung,” tegas AKBP Sri Sudaryani yang didampingi salah satu trainer Polmas Kompol Ade Sumarwan, yang juga dari Binamitra Polda Jabar.[]