Bangkitkan Budaya Menulis, LPM LATAR ISIF Gelar Workshop Jurnalistik & Manajemen Media Kampus

0
680

PCIMG7537ada Rabu (20/2), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) LATAR mengadakan “Workshop Jurnalistik & Manajemen Media Kampus”, bertempat di Gazebo Intitut Studi Islam Fahmina (ISIF). Kegiatan ini digelar selama 2 hari yang ditujukan sebagai penguatan kapasitas para mahasiswa, khususnya anggota LPM dalam hal jurnalistik.

Kegiatan mulai jam 10.01 WIB, dan dibuka oleh Kabiro ISIF, Farida Mahri beserta ketua LPM, Diaz Alauddin. Dengan moderator Zainal Abidin,  Abdul Rosyidi selaku fasilitator berbagi pengetahuan dan praktek penulisan Berita, Artikel dan Opini. “Filosofi pembuatan berita terdiri dari 5W+1H, dengan terfokus pada lead agar penulisan efektif dan mudah dimengerti oleh pembaca. Selain itu juga kita harus melakukan kroscek terhadap informasi yang didapat,” ujar Rosyid. 

Begitu juga dengan pembuatan artikel dan opini, di mana sebagai sebuah penulisan gagasan, minimal kita harus paham terlebih dahulu tentang maksud dan tujuan kita menulis, dan juga inti dari permasalahan yang akan dibahas. Sesi pertama berakhir pada jam 13.01 WIB.
Sesi kedua dilanjutkan oleh Sobih Adnan mengenai penulisan feature. Feature seringnya berupa deskriptif dari keadaan yang ada dari berbagai sudut pandang dengan menggunakan bahasa yang interaktif supaya meningkatkan minat pembaca. “Penulisan ini memiliki kelebihan dapat ditulis dari berbagai sudut pandang dibandingkan dengan berita yang lugu,” paparnya. Hari pertama berakhir pada pukul 16.20 WIB.

Keesokan harinya, Kamis (21/02) acara dilanjutkan dengan pembagian anggota LPM terhadap divisi dan tugasnya masing-masing ke dalam pengelolaan media kampus yang ada, seperti majalah dinding (Mading), buletin dan majalah. (Diaz)