Iklan Lokal Penopang Rakom dan Usaha Warga

0
674

”Oh…pantesan. Rambutnya tampil beda….”
 
Sepengggal kalimat itu sudah tidak asing bagi pendengar Rakom Baina, yaitu penggalan percakapan pada Iklan Aan Salon yang menawarkan jasa tatarias/potong rambut di Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

Dalam 2 tahun terakhir Rakom Baina sudah memproduksi iklan layanan masyarakat yang bertema traficking, kesehatan dan pertanian. Namun selain itu juga Rakom Baina menerima jasa pembuatan dan pemutaran iklan yang bersifat komersial. Sudah ada 9 iklan komersial hasil produksi Rakom Baina dan 5 diantaranya masih ditayangkan setiap hari.

Pembuatan dan pemutaran iklan merupakan kerjasama yang saling menguntungkan antara Rakom Baina dengan pengusaha setempat. Bagi Rakom Baina keuntungan yang didapatkan tentu saja berupa imbalan jasa dari pemutaran iklan tersebut yang besar tarif jasa setiap bulannya adalah Rp. 50.000 per iklan, hal ini sangat membantu biaya operasional radio dan untuk pengusaha sendiri tentunya akan mendongkrak pendapatan usahanya.

”Setelah kami memasang iklan di Rakom Baina langganan kami semakin bertambah, kebanyakan mereka tahu salon saya dari radio. Otomatis pendapatan saya pun setiap bulannya bertambah” demikian dituturkan pemilik Aan Salon ketika ditemui Kru Baina disela-sela kesibukanya (2/8/2008) .

Pada awalnya pengusaha lokal memasang iklan di Rakom Baina hanya untuk membantu biaya operasional radio, namun setelah terdapat perubahan terhadap popularitas diusahanya, mereka mulai berpikir untuk melanjutkan iklan tersebut sebagai jasa promosi.

“Dibanding radio swasta, Rakom memang lebih mampu menjaring masyarakat untuk memakai jasa/produksi lokal”, hal itu disampaikan kang Iim, pemilik kios sembako ”Ceu Sawit”.

Apabila dilihat dari kualitas dan materi iklan memang jauh dari bagus apalagi sempurna, namun untuk kalangan masyarakat kami kerja keras Kru Baina dalam pembuatan sebuah iklan sudah memuaskan, dan tujuan pemutaran iklan tersebut tidak lain untuk memperkenalkan Radio Komunitas kepada masyarakat sekaligus sarana agar masyarakat mau menggunakan produk dan jasa pengusaha lokal.


Sumber: suarakomunitas.combine.or.id