Sabtu, 20 Juli 2024

Penanggulangan AIDS Tak Perlu Dikaitkan Soal Agama

Baca Juga

Kampanye penggunaan kondom kerap menjadi isu kontroversial. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, tidak perlu malu mengingatkan setiap orang untuk menggunakan kondom.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menilai, kondom penting dalam mencegah penularan penyakit HIV/ AIDS. Sehingga, tidak perlu ragu untuk mengingatkan setiap orang supaya memakai kondom.

“Itu tidak bertentangan dengan agama. Kalau mau debat panjang tunggu di akhirat,” katanya, saat peringatan Hari AIDS Sedunia di Bundaran HI, Minggu (1/12).

Ia juga meminta, setiap warga secara sukarela memeriksa diri ke puskesmas dan menghindari seks sebelum menikah.

“Kalau tahu pencegahannya mudah. Takutnya kalau tidak tahu penularannya tidak sengaja dilakukan. Untuk remaja atau siswa SMP dan SMA, hindari melakukan seks sebelum menikah,” ujarnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengingatkan bahwa, penanggulangan virus HIV AIDS tak perlu dikaitkan dengan agama, apalagi stigma terhadap pengidapnya.

“Kita tidak bisa memaksa orang untuk ikut Tuhan. Kenapa kita jadi Tuhan di dunia? Sejak tahun 2000, kita temukan kasus anak SMA kena HIV. Menakutkan. Mari jangan terjebak dengan simbol agama. Kita perangi HIV, bukan orangnya,” tandasnya.[ris]

Sumber: http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2052375/penanggulangan-aids-tak-perlu-dikaitkan-soal-agama#.UpylBsQW2f9

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Pernyataan Sikap Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) Atas Kejahatan Kemanusiaan Israel di Palestina

Bismillahirrahmaanirrahiim Menyikapi tindakan-tindakan genosida dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Zionis Isreal terhadap warga Palestina, yang terus bertubi-tubi dan tiada henti,...

Populer

Artikel Lainnya