Perbanyak Alternatif Media Komunitas: Rakom-Rakom Cirebon Bikin Blog

0
987

Pelatihan Blog bagi rakomCirebon. Sebagai tindak lanjut pertemuan JARiK (Jaringan Radio Komunitas Se Wilayah III Cirebon) di Bumi Perkemahan Sidomba Kuningan pada Minggu (26/04) beberapa waktu lalu, JARiK bersama Fahmina Institute memfasilitasi pelatihan bagi radio-radio komunitas yang tergabung dalam keanggotaan JARiK.

Pelatihan berlangsung di masing-masing radio. Untuk bulan Mei, tercatat 4 (empat) rakom yakni, BBC, Palem, Bhuana, dan AIN FM telah dilatih. Selanjutnya selama bulan Juni, pelatihan berturut-turut akan diselenggarakan di radio komunitas Baina, AJ, Bilik, Caraka, dan Q-Lan FM.

Adapun Fasilitator pelatihan terdiri dari Joan Mic Millan dari AVI (Australian Voulenteer International), serta Ade Duryawan dan Vera Shofariyanti. Masing-masing dari Departemen Otonomi Komunitas dan Departemen Pusat Data dan Informasi, Fahmina Institute Cirebon.

Terkait materi, Ketua JARiK, Ahmad Rovahan, menyebutkan meliputi dua hal. Pertama adalah penguatan kapasitas penggiat radio tentang radio komunitas sebagai media advokasi dan pemberdayaan warga. Kedua, pengetahuan cara dan bagaimana membuat blog sebagai media komunitas.

“Kedua materi itu menegaskan bahwa rakom ataupun blog hanyalah alat, target orientasi sesungguhnya adalah mendorong perubahan sosial di lingkungan warga sekitar radio”, terangPelatihan blog bagi rakom Rovahan.

Lebih jauh dikatakan, apapun bisa difungsikan sebagai media komunitas, tidak terkecuali blog. Media komunitas selain radio, perlu terus dikembangkan. “Warga perlu punya banyak alternatif sebagai media komunitas untuk menginformasikan dirinya ke luar”, jelasnya. Hal itu penting, ditengah kecenderungan adanya dominasi oleh media mainstream yang hingga kini acapkali tidak berpihak pada komunitas pinggiran maupun warga kecil, tambah Rovahan.

“Karakteristik media komunitas setidaknya memenuhi 2 unsur, kepemilikan yang dikelola otonom oleh komunitas, serta konten media yang didorong untuk menyuarakan informasi seputar komunitas”, terangnya lagi.

Output kongkret dari pelatihan, seperti diungkapkan oleh Joan Mic Millan, adalah masing-masing rakom kini telah memiliki blog, yakni Palem FM (radiokomunitaspalemfm1077.blogspot.com), Bhuana FM (bhuanafm.blogspot.com), AIN FM (ainfm.blogspot.com), Best FM (rakombestfm.blogspot.com), dan BBC Fm (bbcfmbacicir.blogspot.com). “kita juga akan dorong agar JARiK punya blog sendiri yang akan me-lingkan blog-blog radio tersebut” jelas Joan.

Namun Miss asal Australia itu mengingatkan bahwa tantangan berat kedepan adalah bagaimana secara kontinyu komunitas mau serius mengelola Blog-blog tersebut. “up date kontent perlu terus dilakukan agar fungsi blog sebagai media komunitas betul-betul dapat diwujudkan jadi corong suara warga,” kata Joan. [AD]