Perkuat Nasionalisme PSMTI Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-70

0
711

Fahmina.or.id, Lemahwungkuk.- Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Cirebon peringati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 yang berlangsung di Cirebon Convention Hall, pada Sabtu (22/8). Peringatan kemerdekaan Indonesia ini dimeriahkan oleh tari tradisional dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu-lagu wajib nasional, serta menampilkan kreasi khas Tiongkok oleh para pemuda dan masyarakat.

Tampak hadir tokoh agama dan berbagai elemen masyarkat serta pemuda sekitar. Kegiatan Peringatan HUT RI ini bertujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan antar masyarakat, tanpa memandang suku, ras, bahasa, bahkan agama sekalipun. Peringatan ini bertujuan memperkuat persatuan antar sesama warga Indonesia, jangan sampai karena masalah perbedaan kita terpecah-belah,” ungkap Ketua Panitia Liem Mulyadi.

Menurutnya, kegiatan peringatan kemerdekaan ini telah diselenggarakan dari tahun ke tahun, acara yang ditampilkan  dapat tersebut dapat menggugah arti dan pikiran semua dalam kebhinekaan Indonesia, serta mewujudkan NKRI menjadi lebih baik, yakni memperkuat persatuan Indonesia.

Ketua PSMTI Kota Cirebon Haryono Sutikno dalam sambutannya menuturkan, tanggal 17 Agustus adalah hari istimewa bagi bangsa Indonesia untuk merayakan kemerdekaan ini. Kita harus dapat memajukan nilai nilai perjuangan para pahlawan  sebaik-baiknya, dan turut serta bertanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, baik organisasi maupun masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, PSMTI itu adalah sebuah organisasi untuk memperjuangakan hak-hak etnis Tionghoa, melalui program di bidang sosial kemasyarakatan dan budaya. “Marilah kita meningkatkan semangat untuk mewujudkan Kota Cirebon ke arah yang lebih baik. Ayo kerja bersama Indonesia raya,” ujar dia.

Selain itu, pada peringatan itu, turut hadir para Veteran, hal ini sebagai bentuk penghormatan bagi para pejuang kemerdekaan serta memberikan pengetahuan kepada generasi muda. Danrem Sunan Gunungjati 063, Inf. Sucipto menegaskan, bangsa Indonesia bisa merdeka karena nilai persatuan dan perjuangan para Veteran. “Jangan lupa  jasa Veteran, dengan jasa beliau kita sebagai warga Indonesia bisa menikmati kemerdekaan ini.” katanya.

Walikota Cirebon, Nasruddin Aziz yang diwakili Staf Ahli Jamaluddin menyampaikan, sambut baik dan apresiasi, Ia juga berharap momentum ini akan semakin memperkuat rasa nasionalisme, dan rasa persatuan. Kepada PSMTI agar mampu membantu pembangunan Kota Cirebon sesuai. “Hal ini harus dipertahankan agar baik dan sejahtera, tema nasional ayo kerja mengandung makna bahwa kita harus meraih kemakmuran dan kejayaannya Indonesia raya,” tukasnya.