Ramadhan di Fahmina, Ramadhan Bersama Kaum Dhu’afa

0
550
Ramadhan merupakan bulan penuh kegembiraan, kebersamaan, penuh semangat untuk berbagi. Dalam putaran satu tahun, ramadhan merupakan rumah spiritual bagi umat muslim. Ramadhan tahun ini, seperti biasanya Fahmina Institute kembali berbagi bersama kaum dhu’afa dan mustadh’afin. Dengan menyelenggarakan acara buka bersama tukang becak dan anak-anak jalanan. Juga acara pembagian sembako kepada fakir miskin setempat.

Acara buka bersama bersama tukang becak dan anak jalanan ini sudah diselenggarakan Fahmina sejak tiga tahun yang lalu setiap bulan Ramadhan, kata Ade Duriyawan, selaku panitia acara. Biasanya acara buka ini diselenggarakan seminggu sekali dan diikuti oleh puluhan tukang becak, anak jalanan dan kaum miskin lainnya. Untuk Ramadhan tahun ini buka bersama semacam ini diselenggarakan tiga kali, tambah Ade   

Disamping buka bersama, Fahmina juga berbagi kegembiraan dengan membagi-bagikan sembako kepada wraga sekitar. Dalam acara ini ratusan warga yang sehari sebelumnya mendapatkan kupon pengambilan sembako, datang berduyun-duyun ke fahmina. Mereka rela antre untuk mendapat giliran pembagian sembako.

Ada sedikit yang berbeda memang, karena menurut Rahman, salah satu panitia kegiatan, ramadhan tahun sebelumnya Fahmina juga membagikan pakaian layak pakai kepada warga. “Ramadhan kali ini kami hanya memberikan sembako pada warga kurang mampu di lingkungan sekitar kantor Fahmina dan para tukang becak. Kenapa? Karena ternyata pakaian layak pakai tidak lagi menjadi daya tarik bagi warga, sehingga kami hanya memberikan sembako dan buka bersama saja,” jelas Rahman usai berbuka bersama dengan tukang becak pada Rabu (23/09) lalu.  

Hari itu, keceriaan memang tidak hanya muncul dari raut wajah para tukang becak, tapi juga puluhan warga di lingkungan sekitar kantor Fahmina Institute Cirebon, tepatnya di Jalan Suratno No 37. Nampaknya sinar rahmat Tuhan memancar dari wajah-wajah kaum dhu’afa. ( )