Syekh al-Azhar Ahmad Thayyib Melakukan Kunjungan Bersejarah ke Vatikan

0
1802

Pada hari Senin, 23 Mei 2016, Syekh Al-Azhar Ahmad Thayyib melakukan kunjungan bersejarah ke Roma, Ibu Kota Italia, guna menemui Paus Fransiskus di Vatikan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menyamakan presepsi antara dua instansi agama terbesar di dunia ini dalam menyuarakan kedamaian kepada umat manusia.

Dalam pertemuan itu, Paus Fransiskus memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kunjungan yang dilakukan oleh Syekh al-Azhar Ahmad Thayyib beserta rombongan ini. Pihaknya menyatakan bahwa Vatikan dan al-Azhar memiliki misi kemanusiaan yang sama yaitu menyebarkan perdamaian kepada seluruh umat manusia, dan menyatakan bahwa umat manusia menggantungkan harapannya kepada agama dan para pemuka agama, dan instansi keagamaan semisal al-Azhar dan Vatikan memiliki tanggung jawab yang besar dalam memerangi kebodohan dan kemiskinan.

Paus Fransiskus juga menyatakan bahwa pihaknya mendukung sikap al-Azhar dalam menyebarkan perdamaian dan toleransi serta posisi al-Azhar dalam menghadapi berbagai paham yang menyimpang. Pihaknya juga menyatakan bahwa pada masa-masa ini al-Azhar memegang peranan yang sangat penting.

Di lain pihak, Syekh al-Azhar Ahmad Thayyib menyatakan bahwa Al-Azhar akan mendukung Vatikan dalam menyebarkan kebaikan kepada umat manusia, dan menyatakan bahwa tujuan dari agama Islam maupun Kristen adalah untuk menebarkan kebaikan kepada seluruh umat manusia. Pihaknya juga menyatakan bahwa al-Azhar akan terus berjuang untuk menyebarkan paham Islam yang moderat dan toleran melalui para kadernya yang telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Dalam pertemuan bersejarah ini, kedua pihak juga bersepakat untuk mengadakan seminar internasional untuk menyuarakan perdamaian dan melanjutkan dialog antara al-Azhar dan Vatikan di kemudian hari.