TKW Asal Jember Meninggal Setelah Dibuang di Malaysia

0
596

JEMBER, KOMPAS.com — Satu lagi tenaga kerja wanita (TKW) asal Jember, Jawa Timur, Nati (50), meninggal dunia di Malaysia. Ia meninggal setelah dirawat di salah satu rumah sakit di Malaysia.

“Saya kemarin ditelepon Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia yang mengabarkan bahwa TKW kita atas nama Nati meninggal dunia,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jember Achmad Hariyadi, Kamis (3/10/13).

Setelah mendengar kabar tersebut, Disnakertrans, kata Hariyadi, langsung berkoordinasi dengan Lurah Bintoro, Kecamatan Patrang, untuk menghubungi pihak keluarga Nati. “Saya sudah meminta staf saya untuk berkoordinasi dengan Lurah Bintoro untuk mengurus semua surat- surat yang dibutuhkan agar seluruh hak Nati dipenuhi. Surat itu sudah kami kirimkan ke KBRI melalui faks,” Imbuh dia.

Dia menambahkan, Disnakertrans sebenarnya mengalami kesulitan untuk mencari siapa yang memberangkatkan Nati ke Malaysia. Sebab, kuat dugaan, Nati diberangkatkan secara ilegal. “Kami masih mencari PT apa yang memberangkatkan sebab seharusnya PT tersebut bertanggung jawab atas peristiwa Nati,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Nati sebelumnya sempat dibuang oleh majikannya di jalanan Kuala Lumpur, Malaysia. Ia ditemukan salah satu warga negara Indonesia di Malaysia, Eni, dalam kondisi mengenaskan. Nati kemudian dibawa oleh Eni ke rumah sakit setempat. Setelah dirawat secara intensif, Nati akhirnya meninggal dunia.

 

sumber: kompas.com