UMKM Jepara Turut Menyemarakkan Kongres Ulama Perempuan Indonesia Ke 2

0
1136

Oleh: Zaenal Abidin

MKM Jepara Turut Menyemarakkan Kongres di Ulama Perempuan Indonesia Ke 2

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jepara turut serta dalam menyemarakkan gelaran Kongres Ulama Perempuan yang kedua di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara, pada Rabu 23 November 2022.

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Pihaknya Pak merasa senang dan bangga wilayahnya dijadikan sebagai ajang ulama perempuan Indonesia kedua.

“Produk UMKM sudah mulai berkembang mudah-mudahan dengan adanya pameran ini turut mengatasi laju inflasi, perekonomian masyarakat akan meningkat,” Kata Edy, pada hari Rabu (23/11/2022)

Sementara itu Ketua Lokal KUPI 2 Hindun Annisa selaku menjelaskan pameran produk ulama perempuan dan umkm ini digelar untuk menunjukkan bahwa KUPI hadir untuk masyarakat.

“KUPI ingin ikut menggerakkan perekonomian. Pameran ini juga bisa dinikmati masyarakat. Karena KUPI bukan milik segelintir orang tapi milik kita,” Ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari.

Ketua Umum KUPI 2 mengatakan adanya side event seperti pameran prodak UMKM ini tidak semata-mata diadakan begitu saja, namun ingin menunjukkan bahwa ulama perempuan berperan dalam perekonomian.

Pameran ini bagian dari apresiasi, UMKM Jepara turut menyemarakkan kongres di jepara. Keterlibatan UMKM ini turut serta menggerakkan perekonomian masyarakat jepara.

“Kehadiran kupi dari 43 provinsi dna 28 negara sahabat yang hadir setidaknya berkenalan dengan tradisi dan perekonomian di jepara,” terangnya.

Sementara itu Krisna peserta UMKM meras senang dengan adanya pameran ini. Ia mengaku menampilkan konsep etnik kerajinan kain tenun dan batik Troso khas Jepara

Ia menyadari saat ini persaingan ekonomi semakin ketat, inovasi harus terus dikembangkan terutama tenun dan batik serta berharap UMKM nya meningkat

“Semoga UMKM lebih meningkat dalam berkreatifitas dan berkarya tidak monoton begitu saja. Dulu batik lebih kepada pakaian formal tapi hari ini bisa dipakai kapan saja,” katanya

Ia juga menyatakan dukungannya kepada KUPI lancar acaranya dan bisa mengangkat kaum perempuan bisa berkarya.

“Semoga KUPI sukses dapat mengangkat perempuan indonesia lebih berkarya bisa lebih berkembang tidak hanya sekedar ibu rumah tangga,” pungkasnya. P

Pmeran ini diikuti sebanyak 120 UMKM ikut dijadwalkan selama lima hari dari tgl 23-27 november 2022.

Dalam pameran ini juga tersedia panggung pertunjukkan, dimana akan diisi oleh berbagai penampilan termasuk kesenian rakyat jepara.

KUPI akan berlangsung pada tanggal 24-26 November 2022.