Fahmina.or.id, Majasem. Dalam tradisi Pesantren di berbagai wilayah di Indonesia, bulan suci Ramadhan merupakan momentum bagi santri untuk menimba ilmu dan mengkaji kitab-kitab yang lebih tinggi Pasalnya banyak kitab-kitab yang jarang sekali dikaj justeru di bulan ini Kiai atau Nyai mengajinya. Istilah lain adalah Ngaji Pasaran, kegiatan ini sudah menjadi budaya di berbagai pesantren. Ngaji pasaran tidak hanya santri pesantren setempat saja yang mengikuti pengajiannya,santri lain, alumni dan masyarakat dapat mengikutinya.

Salah satu bentuk komitmen untuk mengembangkan tradisi keilmuan pesantren, Yayasan Fahmina, Fahmina Institute dan Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, menggelar Ngaji Pasaran Ramadhan 1437 H/ 2016 selama bulan puasa ini, mulai tanggal 7 Juni- 1 Juli 2016. Namun yang membedakan penagajian pasaran pada umumnya, Fahmina akan lebih mengkaji kitab-kitab kontemporer yang relevan dengan konteks kehidupan masyarakat hari ini.

Sehingga  kitab-kitab yang akan dikaji dipilih berdasarkan penekankan yang mengacu pada nilai-nilai HAM, Pluralisme, Kesetaraan Gender dan Fikih Indonesia.

Adapun kitab-kitab yang akan dikaji sebagai berikut;

  1. Kitab Samahah Al Islam Fi Mu`amalah Ghoir Al Muslimin Karya Syeikh Abdullah Bin Ibrahim al Lahidan, bersama KH. Husein Muhammad

Tanggal: 7,8,15,16,23,24 Juni 2016

2. Kitab Mambaussa`adah Karya KH Faqihuddin Abdul Kodir, Lc, M.Ag, bersama penulisanya langsung.

Tanggal: 9,10, 17,20, 27,28 Juni 2016

3. Kitab Sabilal Muhtadin Littafaqquhi Fi Amri Ad Din Karya Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari, bersama KH. Marzuki Wahid, MA

Tanggal: 13,14, 21, 22, 29 Juni, dan 1 Juni 2016

Pengajian tiga kitab di atas dimulai pukul 14.00-16.00WIB

Bagi saudara-saudara yang ingin mengaji gramatikal bahasa arab dan fikih dasar jangan hawatir, karena dalam bulan puasa ini juga Fahmina mengadakan pengajian khusus untuk itu. Yaitu mengaji Kitab Jurmiyah dan Fathul Qorib bersama KH. Marzuki Wahid MA. Waktu: Setiap Malam Ramadhan Setelah Salat Tarawih. Pukul 21.00 s/d Selesai.

Tempat: Kampus ISIF, Jl Swasembada No. 15 Majasem-Karyamulya Kota Cirebon

Pengajian dibuka untuk umum siapa saja boleh mengikutinya, tanpa dipungut biaya.

(ZA)