Sabtu, 14 September 2019

Islam dan Jurnalisme Kemanusiaan

Baca Juga

Islam adalah nilai dan tatanan yang diwahyukan Allah Swt untuk kemanusiaan. Islam lebih merupakan jiwa bagi pers atau jurnalisme, bukan salah satu mazhab atau teori bagi jurnalisme. Karena itu tidak perlu ada istilah Jurnalisme Islam, sebagai mazhab. Kalaupun ada, mungkin lebih tepat diartikan sebagai Jurnalisme tentang Islam atau tentang orang-orang Islam. Atau Jurnalisme Islam diartikan sebagai jurnalisme yang berintegrasi dengan nilai keislaman. Yaitu ketauhidan dan kemanusiaan. Ketauhidan yang memuliakan kemanusiaan, dan kemanusiaan yang tetap mengagungkan ketuhanan.

Jurnalisme secara sederhana berarti pewartaan; yaitu proses mencari dan memperoleh data atau berita dari sumber, lalu mengemas dan menyampaikannya ke publik melalui media yang ada; baik cetak, maupun elektronik. Dulu mungkin medianya cukup dengan lisan, melalui juru bicara atau khatib-khatib yang diangkat resmi pihak yang bersangkutan di mimbar atau tempat-tempat pertemuan umum. Tetapi jurnalisme modern secara praktis, diidentikan dengan berita-berita yang dicetak pada halaman kertas melalui mesin cetak ciptaan Johann Gutenberg. Ini peristiwa dahsyat yang telah mengubah Eropa bahkan dunia pada awal abad 15, dengan adanya komunikasi publik yang lebih massif, terorganisir dan berkesinambungan.

Dalam buku Jurnalistik; Teori dan Praktik (Hikmat Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat: 2005) disebutkan, bahwa Jurnalisme atau Journalism berasal dari kata journal, yang berarti catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari. Bisa juga berarti surat kabar.

Jurnalisme Otoriterian; Mempropagandakan Misi dan Idiologi
Dulu jurnalisme lebih banyak digunakan untuk kepentingan penguasa, seperti raja dan para tuan tanah yang berada di sekeliling mereka. Model ini disebut sebagai jurnalisme otoriterian, karena publik hanya menjadi obyek dari jurnalisme pihak penguasa. Publik tidak berpartisipasi dalam menentukan agenda dan muatan jurnalisme. Tidak ada ruang yang dibuka bagi publik untuk menyuarakan kehendaknya, pemikiran dan agenda kepentingannya.

Karakter jurnalisme seperti ini, sedikit banyak, juga bisa ditemukan dalam negara, organisasi, perkumpulan atau kelompok-kelompok masyarakat yang idiologis. Publik atau rakyat sebagai pengambil manfaat jurnalisme hanya menjadi obyek, dan dipaksa untuk menerima atau tidak sama sekali. Kebenaran jurnalisme idiologis ditentukan dari satu arah dan dianggap sudah selesai, sebagai paket yang harus diterima. Pujian terhadap pengikut setia, sebagaimana ancaman terhadap yang berbeda apalagi pengkritik, juga akan menjadi hiasan utama jurnalisme idiologis ini. Slogannya berita untuk raja, atau berita untuk negara, berita untuk idiologi, berita untuk seni, atau berita untuk agama. Berita menjadi alat sebuah kekuasaan tertentu. Baik kekuasaan negara, kelompok atau paham tertentu. Ciri khas dari jurnalisme otoriterian ini, menguatnya kekuasaan negara yang mengontrol penuh pers dengan paten-paten, izin terbit dan juga sensor.

Kecenderungan jurnalisme seperti ini menghadapi kritik secara masif oleh aliran kebebasan, paska revolusi Perancis. Di negara-negara berkembang, kritik terhadap jurnalisme otoriterian menguat seiring dengan perkembangan kebebasan politik dan ekonomi.

Jurnalisme Libertarian; Membebaskan Kepentingan Politik
Jurnalisme otoriterian dan idiologis dianggap tidak mampu menyuarakan kebenaran yang sesungguhnya, karena hanya dijadikan alat kekuasaan. Jurnalisme harus dibebaskan dari atribut apapun; baik negara, idiologi maupun agama. Jurnalisme harus hidup dan berproses dari dan untuk dirinya. Jurnalisme untuk jurnalisme. Atau berita untuk berita. Ia harus dikawal bersama oleh publik, agar tidak menjadi alat dari atau untuk kekuasaan apapun yang ada di masyarakat. Ia menjadi dirinya sendiri, sebagai media bagi siapapun untuk menyuarakan kebenarannya di hadapan publik. Istilahnya jurnalisme libertarian, atau jurnalisme bebas. Jurnalisme harus dibebaskan dari kungkungan kekuasaan atau idiologi.

Asumsi dasarnya, bahwa setiap individu manusia harus dipandang sebagai makhluk yang rasional dan bertanggung jawab, yang mampu membedakan mana yang benar dan mana salah. Dengan cara pandang ini, media atau pers harus diberi kesempatan untuk memberitakan apapun untuk khalayak. Karena rakyat sebagai pengguna pers, memiliki kapasitas untuk memilih dan memilah berita secara bertanggung jawab.

Setiap pembatasn berita akan menjauhkan pengguna dari kesempatan untuk mengakses segala berita yang diperlukan. Pers atau media dengan asumsi ini, harus ditempatkan sebagai mitra manusia dalam mencari kebenaran dan informasi yang dituju. Pers yang untuk publik, tidak bisa ditempatkan sebagai alat propaganda pemerintah atau idiologi dan paham tertentu. Tuntutan pers untuk menjadi alat kontrol terhadap pemerintah, adalah lahir dari cara pandang jurnalisme yang bebas. Atau dalam istilah lain disebut sebagai Jurnalisme Libertarian.

Pers bebas atau jurnalisme libertarian, adalah yang memberikan landasan kebebasan Pers bebas atau jurnalisme libertarian, adalah yang memberikan landasan kebebasan mutlak terhadap pers. Sehingga pers banyak memberikan bermacam-macan informasi, hiburan, berita, bahkan yang aneh-anehmutlak terhadap pers. Sehingga pers banyak memberikan bermacam-macam informasi, hiburan, berita, bahkan yang aneh-aneh. Pers pada kondisi ini bisa menjadi idola publik dan terjual secara masif dan dalam jumlah oplah yang sangat banyak, karena bisa menyuguhkan segala yang menjadi mimpi dan keinginan publik. Pers bebas; tanpa izin, tanpa sensor dan kendali. Pada kondisi seperti ini, suatu media bisa membesar dan menjadi raksasa, dengan menguasai seluruh pasar pers, dengan slogan demi kepentingan publik.

Kritik terhadap Kebebasan Pers
Sesungguhnya tidak ada kondisi yang benar-benar bebas, termasuk untuk dunia pers. Ketika kebebasan dicanangkan, akan terjadi perebutan gagasan, ide, maupun berita. Dan biasanya dimenangkan oleh mereka yang memiliki kekuatan; terutama kekuatan modal dan ekonomi. Pers bebas, yang awalnya diwujudkan untuk memungkinkan bisa memberikan kebajikan-kebajikan kepada publik tanpa harus takut dengan kontrol dari pemerintah, pada praktiknya sangat sedikit memberikan manfaat publik.

Bahkan, pers bebas menjadi sangat jarang untuk melakukan kontrol terhadap pemerintah, kecuali jika kontrol tersebut akan menaikkan rating dan memperbesar tiras saja. Kebebasan pers, lebih banyak digunakan untuk mengumpulkan modal daripada untuk memberikan manfaat dan kebajikan kepada publik. Perusahaan-perusahaan pers tidak akan banyak memberikan aturan-aturan, kecuali aturan yang untuk menciptakan keuntungan materi bagi pemiliknya sendiri. Pers yang seperti ini cenderung tidak memiliki kepedulian terhadap soal-soal bagi kepentingan publik. Media lebih banyak menyuguhkan kisah dan berita yang sensasional, agitatif dan tidak mendidik.

Berita-berita kriminal, pornografi, hiburan yang berlebihan, kisahkisah mistis dan tulisan-tulisan yang memberikan kepuasan selera rendahan masyarakat. Kecenderungan seperti ini yang terjadi pada jurnalimse libertarian, memaksa beberapa pihak untuk menuntut ‘pertanggung jawaban sosial’ dari pers. Sehingga, pers tidak bisa dibiarkan bebas, dengan memberikan kendali hanya kepada para pemilik dan operator pers saja dalam menentukan fakta-fakta yang akan disajikan kepada publik.

Di Mana Islam dan Kemanusiaan bagi Pers?
Islam adalah nilai dan tatanan yang diwahyukan Allah Swt untuk kemanusiaan. Islam lebih merupakan jiwa bagi pers atau jurnalisme, bukan salah satu mazhab atau teori bagi jurnalisme. Karena itu tidak perlu ada istilah Jurnalisme Islam, sebagai mazhab. Kalaupun ada, mungkin lebih tepat diartikan sebagai Jurnalisme tentang Islam atau tentang orangorang Islam. Atau Jurnalisme Islam diartikan sebagai jurnalisme yang berintegrasi dengan nilai keislaman. Yaitu ketauhidan dan kemanusiaan. Ketauhidan yang memuliakan kemanusiaan, dan kemanusiaan yang tetap mengagungkan ketuhanan.

Kita bisa mengambil inspirasi dari empat sifat Rasul; shiddiq (jujur dan dipercaya), amanah (pertanggung-jawaban), tabligh (menyampaikan semua tanpa ada yang disembunyikan) dan fathonah (cerdas dan mencerdaskan), ketika kita mencoba membicarakan nilai keislaman dalam jurnalisme. Pembicaraan ini sebagai salah satu upaya kita menuntut pers dan media untuk memiliki pertanggungjawaban sosial, dalam melakukan kerja-kerja jurnalisme. Tidak hanya menguntungkan diri sendiri dengan pengumpulan modal, atau menguntungkan pihak politik tertentu, penguasa, kelompok atau orang tertentu.

Pers harus memiliki komitmen untuk memegang amanah ‘kemanusiaan’ sebagai amanah Islam. Mungkin masih perlu waktu panjang untuk membicarakan nilai-nilai kemanusiaan yang harus diemban pers. Tetapi setidaknya, pers harus mendasarkan pada keadilan, tidak mencederai kemanusiaan dan tidak bermaksud secara sengaja menghancurkan kelompok tertentu tanpa memberikan hak jawab sama sekali. Pers harus memiliki komitmen yang kuat dan dikontrol oleh publik, untuk memberikan pendidikan publik; pendidikan orang dewasa yang tidak memaksa dan tidak menggurui. Salah satu prinsip yang harus dipegang juga; tidak menyalahkan korban apalagi mencederai dan melecehkan.

Karena dalam kehidupan yang kapitalistik ini, korban seringkali tidak lagi memiliki pilihan-pilihan bebas untuk kemuliaan dirinya. Ketika korban mengalami persoalan dalam relasinya dengan mereka yang lebih kuat, pers sebisa mungkin memberikan komitmen untuk pembelaan dan pemulihan. Ini yang harus menjadi kesadaran bagi pers ketika melakukan kerja-kerja jurnalisme. Mulai dari pengumpulan data sampai pemberitaan kepada publik. Inilah yang mungkin bisa kita sebut sebagai Jurnalisme Kemanusiaan Islam. Setidaknya adalah sebagai gambaran awal.[]

Sumber: Blakasuta Ed. 13 (2008)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Quo Vadis Revisi Undang-Undang KPK?

Oleh: KH. Marzuki Wahid MASetelah berhari-hari terlibat pro-kontra soal perlunya revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, pada...

Dakwah Budaya; Belajar Kepada Para Wali

Oleh: Abdul RosyidiPada saat Syarif Hidayatullah mendarat di Cirebon, pertama kali dia menemui Uwaknya, Pangeran Walangsungsang. Oleh Walangsungsang, Sunan Gunung Jati disarankan untuk tidak...

Enam Alasan Mengapa Presiden Harus Tolak UU KPK Jika Tidak Ingin KPK Mati

Oleh: KH. Marzuki Wahid MASudahkah Anda baca usulan revisi DPR terhadap UU KPK? Sudahkah Anda menemukan jawaban mengapa semua fraksi DPR tergesa-gesa menyetujui revisi...

Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Desak DPR RI Segera Sahkan RUU P-KS Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) telah masuk dalam Prolegnas sejak 26 Januari 2016. DPR RI juga telah membentuk Panja untuk pembasan RUU...

Manusia Sebagai Makhluk Seksual

Oleh: Dr. Hc. KH. husein MuhammadManusia di samping makhluk berpikir ia juga adalah makhluk biologis-seksual seperti juga binatang. Tuhan memberinya naluri-naluri dan hasrat-hasrat seksual...

Populer

Quo Vadis Revisi Undang-Undang KPK?

Oleh: KH. Marzuki Wahid MASetelah berhari-hari terlibat pro-kontra soal perlunya revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, pada...

Dakwah Budaya; Belajar Kepada Para Wali

Oleh: Abdul RosyidiPada saat Syarif Hidayatullah mendarat di Cirebon, pertama kali dia menemui Uwaknya, Pangeran Walangsungsang. Oleh Walangsungsang, Sunan...

Enam Alasan Mengapa Presiden Harus Tolak UU KPK Jika Tidak Ingin KPK Mati

Oleh: KH. Marzuki Wahid MASudahkah Anda baca usulan revisi DPR terhadap UU KPK? Sudahkah Anda menemukan jawaban mengapa semua...

Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Desak DPR RI Segera Sahkan RUU P-KS Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) telah masuk dalam Prolegnas sejak 26 Januari 2016. DPR RI juga telah...

Manusia Sebagai Makhluk Seksual

Oleh: Dr. Hc. KH. husein MuhammadManusia di samping makhluk berpikir ia juga adalah makhluk biologis-seksual seperti juga binatang. Tuhan...

Perjumpaan dan Etika

Oleh: Abdul RosyidiIni masih tentang ‘Ruang Perjumpaan’. Emmanuel Levinas, filsuf kontemporer Perancis percaya bahwa etika bukanlah sesuatu yang abstrak,...

Teori Interdependensi dan Mubadalah

Oleh: Abdul Rosyidi Satu yang paling menarik dan berbeda dari paparan KH Faqihuddin Abdul Kodir saat Bengkel Mubadalah di Malaysia...

Artikel Lainnya